MEMBUAT TABEL DAN QUERY PADA MS. ACCESS
LANGKAH LANGKAH
- Membuat Tabel Pada Miscrosoft Access.
- Buka program Ms. Office Pada Ms.Access, maka akan yang akan ditampilkan pada program seperti dibawah ini.
-
-
Pada program Ms. Access akan menampilkan sebuah Tabell yang bernama ” Tabel1” yang kosong. Seperti tampilan di bawah ini
-
Kemudian klik “Design View”
-
Buatlah data di tabel1 dengan memberi nama “Laptop”. Kemudian ketik nama field dan data type seperti contoh yang tertera dibawah ini.
Buatlah Field Name “Kode” menjadi Primary Key dengan klik pada Toolbar “Primary Key “
Setelah itu Buatlah Description setiap Field “Kode”
“Merek” “Buatan” ( Pilih LookupWizard lalu isi kodenya )
-
Kemudian klik “Datasheet View” dan ketik pada setiap tabel , maka munculah seperti dibawah ini
- Setelah itu klik “Save” untuk menyimpan data yang ada pada tabel tersebut.
Setelah itu buatlah tabel2 dengan nama “Penjualan” dan dengan cara yang
sama seperti pada penjelasan di atas
-
Pilih Create “Table” kemudian muncullah Save As pada table dan diberi nama “Penjualan” , setelah itu ketik Field Name dan Data Type seperti dibawah ini
- pilih “Datasheet View” dan ketik pada table kemudian save seperti pada gambar di bawah ini
- Membuat Query Pada Miscrosoft Access.
1.
Klik menu “Create” dan kemudian Pilih “Query Design”
Kemudian klik “Add” pada tabel
yang akan dipilih seperti pada gambar dibawah ini
2.
Selanjutnya pilihlah field yang akan dimasukkan ke dalam Query dengan melakukan klik pada tanda bawah di baris pertama tiap field.
Catatan : Jika memilih tabel pada
tulisan yang bertanda bintang (Laptop*) maka
semua field tabel tersebut akan ditampilkan pada query.
3.
Klik tombol “Run” untuk
mengaktifkan query dan akan muncul seperti pada gambar di bawah ini
4.
Selanjutnya Klik “save” dan simpan Query dengan diberi nama “Query Laptop”
Komentar
Posting Komentar